Sabtu, 26 Juni 2010

rangkaian jilid 2

seharian kemarin tertidur dalam bantal empuk kemewahan, menghilangkan sejenak teka-teki tentang hidup dan menyusuri alur lama yang memang sangat saya rindukan. tak ada kata berpisah untuk seorang kawan, dan tak ada kata bercerai untuk seorang kawan.
bener" terkesan, bener" jalan" malam yang menyenangkan... gag ada kerasa cape, gag ada kerasa suntuk atau pun ngantuk.
lintingan tembakau tak pernah lepas dari kepitan jari-jemari, tak ada istilah semua waktu berjalan sia-sia.
malam itu kita mengulang akan memori masa itu..

namun ketika dalam satu persimpangan....

satu orang sahabat yang hobinya merayu dan selalu gonta-ganti pasangan, yang sekarang sudah bekerja di slah satu perusahaan swasta dengan gaji dolar... dia selalu berkata, kita gag bisa ngebayangin ya ternyata sekarang kita bakal ketemu lagi. dan saat mengenang masa seperti ini yang gua idam-idamin. kita duduk di pinggir jalan sambil ngerasain kota bandung. terus menghirup gelas kepenatan walau itu segelas harus kita bagi tiga. bukannya kita tak mampu untuk membeli, namun memang lagi ndableg n lagi pengen mengenang masa kuliah dulu, kalo kita lagi gag punya uang, sering ngemper sampai tidur di pinggir jalan.
dia sudah menikah, dan dia sudah memiliki satu anak. dan pernikahan itu pun saya sempet menghadirinya. namun itu tak berjalan lama, dan karna emosi kaula muda akhirnya dia pisah rumah dengan istrinya... setiap ucapan yang keluar kala malam itu dia hanya menyampaikan penyesalan karna merasa percuma.
ya bagaimana tidak, dulu waktu masih kuliah dia susah payah menafkahi istrinya, namun kini saat rejeki itu telah datang, dia kehilangan kebahagiaan yang sangat dia harapkan keberadaan nya..

sedang di lain kesempatan
satu lagi seorang sahabat yang lulus tahun 2009, yang gemar sekali membaca buku koping hoo... dia bekerja di salah satu provider dan gaji nya pun tak kurang dari 4 juta sebulan nya. dia merasa senang, karna apa? dia bisa membeli semua yang dia inginkan, yang dulu mungkin cuma jadi mimpi kita bertiga saat kuliah dulu.. santai dan amat tenang memang terlihat nya dia, dan memang begitu sebenarnya tentang dia. dia jarang melihatkan kegalauan hatinya..
namun saat kita beranjak pada peraduan malam kala itu, dia berkata " gua ga bahagia kawan, setiap pagi sekarang gua gag bisa sarapan bareng keluarga, dan pas malem nya dia juga tak melihat keluarganya sedang duduk di meja makan. semua hilang. karna orang tua gua bercerai."

saya cuma bisa terdiam, dan melamun dengan amat dalam.

lalu mereka kemudian melempar tanya...

nah kalo lo "WA"(julukan waktu kuliah dulu), gimana sama kuliah lo? apa lo lanjutin atau lo berhenti di smester enam? terus kerja dimana lo sekarang? setau gua lo dari dulu hobi usaha n lo yang nyemangatin kita" kalo lagi males kuliah...

tersentak dengan pertanyaan kawan ku...

gua gag lulus bro, dan gua mutusin buat berenti kuliah, karna gua bla... bla... bla...
terus untuk kerja gua sekarng, gua gag sebaik kalian yang memiliki gaji dengan nominal yang besar sob, mungkin gaji gua masih bisa di itung di kalkulator nominal nya, dan gag sampe memiliki angka enol 6 biji....

tapi satu yang bisa gua banggain "mungkin", karna gua memiliki orang yang gua cintai, (keluarga gua) walau jarak kita udah berjauhan. tapi kita masih sering telp"an sob. dan gua yakin dengan cinta dan kasih sayang yang kita miliki ga akan pernah pudar. karna kita masih bersatu dalam ikatan batin yang kuat sob. dan kita tak butuh mengatur waktu kapan kita berkumpul, karna sekali telpon n bilang kangen kita langsung berkumpul entah itu dimana tempatnya.
dan satu lagi gua memiliki kalian, yang selalu menghibur di saat kita sedang dalam posisi apa pun...
jadi gua tak di perbudak dengan kekayaan, gua gag di kejar-kejar waktu, dan gua juga gag harus memainkan peran yang gag gua senangin... karna waktu yang gua lempar bukan untuk bekerja dan bermanja. tapi waktu yang gua jalanin adalah rangkaian kasih sayang yang amat sangat gua nikmatin sob...


Sedikit rangkaian yang tertulis dalam buku diari pak tani dan sang sapi. Dan pak tani sadari, ternyata yang kita butuhkan selain dari kejayaan dan kemewahan, ternyata yang paling berperan utama adalah kasih sayang tulus dari orang yang kita sayangin.

dan ketahuilah...
semua hal di dunia ini bisa kita beli
KECUALI SATU
membeli orang tua baru, dan kasih sayang yang tulus...

dan mungkin beberapa waktu ini pak tani jarnag blogwalking karna sedang mempersiapkan pementasan KRETASENJA, dimana di dalam nya pak tani (bukan nya sombong, tapi masih tahap belajar) menjadi penulis naskah, pelatih gerak dalam teater yang akan di pentaskan...

sekali lagi tolong doakan pak tani semoga acaranya berjalan lancar, dan sesuai dengan rencana... AMIEN...

9 komentar:

  1. selamat malam pak tani, malam ini sama siapa?...
    turut mendo'akan, acaranya berjalan lancar dan sukses.

    ^_^

    BalasHapus
  2. wah masih sepi nih..:)
    kenalannya pak tani banyak banget dan memberikan kisah yang begitu inspiratif.
    manusia emang dilahirin dengan jiwa yang berbeda2. dan punya pola pikir, jalan hidup, yang berbeda pula.:)

    BalasHapus
  3. pak tani, elok ngerti . bahagia itu bukan seberapa banyak kita punya uang, tapi seberapa besar peran kita buat ngebahagiain orang orang yang kita sayang. :D

    BalasHapus
  4. wah tulisan yang sangat bagus.. uang dan kejayaan tidak menjamin kebahagiaan seseorang,... semoga sukses ya acaranya

    BalasHapus
  5. wah, tulisannya keren banget.. sepertinya pak tani penulis besar yah?
    humm, emang sih kasih sayang yg tulus nggak pernah bisa di beli. cuma saya senang juga kalo gaji gede plus kasih sayang yang tulus. hehe, manusia ga pernah puas yah..

    kunjungan balik...

    BalasHapus
  6. halo sob met pagi mampir nich
    bahasanya keren juga
    terima kasih

    BalasHapus
  7. selamat sore akang tani
    hehe
    apo kabar nyo?
    dah lamo tak basuo

    BalasHapus
  8. tok..tok..tok..absen malam pak tani..pak tani lagi dimana?

    BalasHapus
  9. selamat malam semuanya...
    maaf pak tani baru kembali dari sawah...

    BalasHapus